Susu Pertumbuhan Terbaik untuk Kecerdasan Optimal

Ibu & Anak

5 Cara Pilih Susu Pertumbuhan Terbaik untuk Kecerdasan Optimal

Asupan gizi anak pada masa pertumbuhan harus diperhatikan dan harus dipenuhi karena berpengaruh pada kecerdasan. Mulai usia 6 bulan ke atas, susu adalah sumber gizi anak untuk mendukung kecerdasannya. Susu pertumbuhan terbaik harus dipilih untuk memenuhi setiap komponen yang dibutuhkan tubuh. Lakukanlah 5 cara ini untuk peroleh susu terbaik.

  1. Memperhatikan Usia Si Kecil

Susu terbaik adalah yang memenuhi setiap komponen yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagaimana caranya? Sesuaikan susu yang dikonsumsi dengan usia anak. Dengan demikian, setiap komponen nutrisi yang dibutuhkan tubuh akan sesuai. Kecerdasan  anak bisa dioptimalkan dengan memberikan susu sesuai dengan usianya.

Kesesuaian antara susu dengan usia anak juga penting untuk menjaga kesehatannya. Jika tidak, akan timbul gangguan pencernaan, ginjal, serta organ internal lainnya. Hal tersebut bisa terjadi karena kemampuan organ yang masih dalam tahap perkembangan, sehingga memerlukan penyesuaian dalam kapasitas dan jenis zat.

  1. Mengamati Komposisi Nutrisi Susu Formula

Komposisi susu formula harus diperhatikan, yaitu mencakup komposisi nutrisi dan zat tambahan di dalamnya. Carilah susu pertumbuhan dengan kandungan gizi menyerupai ASI, yaitu terdiri atas kalsium, vitamin D, AA, DHA, protein (laktosa, kasein), dan sebagainya. Dengan asupan terbaik untuknya, si kecil dapat tumbuh sehat dan cerdas.

Sebagai pertimbangan dalam pemilihan susu formula terbaik, Anda bisa memilih beberapa susu berkualitas dari beberapa merek terpercaya. Hal ini merupakan suatu bentuk kemudahan karena pilihan yang dipertimbangkan merupakan susu yang punya kualitas baik. Jadi, Anda memilih yang terbaik di antara beberapa yang baik.

  1. Menyesuaikan dengan Daya Beli

Daya beli merupakan pertimbangan yang penting dalam keputusan pembelian. Pemenuhan kebutuhan susu formula untuk si kecil juga harus demikian. Setelah memilih susu sesuai usia dan mengamati kompisisi gizinya, bandingkan harga susu dari setiap mereknya.

Cara tersebut akan memudahkan Anda memilih susu terbaik untuk anak yang sesuai dengan daya beli, sehingga nantinya kebutuhan susu tetap terpenuhi secara berkelanjutan. Pemenuhan nutrisi akan tetap terjamin. Yang terpenting, jenis susu sesuai dengan usia dan juga kelengkapan gizi yang dibutuhkan anak.

  1. Melihat Tanggal Kadaluarsa

Tanggal kadaluarsa sangat penting untuk diperhatikan karena menyangkut kelayakan susu untuk dikonsumsi. Kualitas susu sudah tidak baik untuk dikonsumsi. Apabila Anda lalai memeriksa tanggal kadaluarsanya, justru akan membahayakan kesehatan si kecil, seperti timbulnya berbagai gangguan kesehatan.

Anak yang mengonsumsi susu kadaluarsa bisa mengalami keracunan makanan dengan tanda-tanda seperti diare, mual dan muntah, pusing, dan sebagainya, sesuai dengan reaksi tubuhnya. Tentu hal tersebut tidak Anda inginkan. Untuk itu, upayakan untuk melihat tanggal kadaluarsanya setiap pembelian susu formula.

  1. Memperhatikan Reaksi Tubuh Anak terhadap Susu

Usia anak-anak memang masih rentan, sehingga lebih mudah terserang alergi. Susu juga bisa menimbulkan alergi pada anak. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan reaksi tubuh anak terhadap susu yang dikonsumsi. Perhatikan apakah timbul tanda-tanda alergi atau tidak, misalnya bintik merah, merah-merah di kulit, diare, dan sebagainya.

Jika terdapat tanda-tandanya, segera tangani persoalannya agar aktivitas si kecil tidak terganggu. Periksakan ke dokter dan ketahui zat penyebab alergi. Mintalah informasi apakah susu yang sudah dikonsumsi penyebab alergi atau bukan. Apabila anak mengalami alergi susu, maka hindari susu yang mengandung zat penyebab alergi.

Memilih susu yang terbaik merupakan suatu dukungan terhadap pertumbuhan anak agar mampu tumbuh optimal sesuai dengan usianya. Susu pertumbuhan terbaik dapat diperoleh dengan 5 cara yang sudah dipaparkan di atas. Usahakan untuk memberikan susu pertumbuhan secara rutin dan berkelanjutan untuk optimalkan kecerdasan si kecil.