info seputar ibu dan balita

Lifestyle

5 Kegiatan Seru untuk Optimalkan Pertumbuhan Buah Hati

Setiap kebutuhan si kecil dari lahir sampai pendidikan pertama, selalu terkait dengan ibunda. Untuk itu, sangat penting bagi seorang ibu untuk mengoptimalkan pertumbuhan buah hati. Anda bisa membaca beragam info seputar ibu dan balita sebagai panduan dalam memanfaatkan setiap momen untuk meningkatkan tumbuh kembang si buah hati.

  1. Bermain Sambil Belajar

Usia balita adalah periode emas dalam tumbuh kembang anak. Sangat penting bagi Anda untuk benar-benar memanfaatkan momen emas tersebut dengan kegiatan bermain sambil belajar. Balita sangat aktif bermain, sehingga berilah ia mainan yang baik dan mendukung perkembangan kecerdasan dan kreativitasnya.

Anda dapat memberikan mainan penyusunan balok dari terbesar hingga terkecil, mainan puzzle, ataupun plastisin. Penyusunan balok dapat merangsang logika si kecil, bermain puzzle dapat memperkuat memori, dan kreativitas bisa meningkat dengan membuat berbagai bentuk dari plastisin.

  1. Bernyanyi Bersama

Keseruan dengan si kecil berikutnya adalah bernyanyi bersama. kegiatan ini tergolong mengasyikkan bagi si kecil dan bunda. Momen kebersamaan ini dapat meningkatkan kenyamanan si kecil untuk belajar mengenal gerak dan lagu. Putarkan lagu anak-anak dan ajaklah buah hati bernyanyi bersama.

Setelah itu, kenalkan dengan alat musik agar kemampuan motorik dan kreativitas seninya berkembang. Alat musik seperti piano mini bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengenalkan anak pada nada-nada dasar. Kemampuan bermusik dapat merangsang kecerdasan otak  serta memberikan kebahagiaan secara rohani.

  1. Bercengkerama di Ruang Terbuka

Udara dari ruang terbuka atau lingkungan outdoor sangat penting bagi buah hati. Kegiatan outdoor seperti bercengkerama di luar rumah sambil bermain atau membaca dongeng, mampu mengoptimalkan pertumbuhan balita. Suasana di luar ruangan yang bebas dan terbuka juga menghindarkan buah hati dari kejenuhan.

Mengajak balita untuk bercengkerama dan bercerita adalah cara efektif untuk membantu meningkatkan kemampuan verbal si kecil. Mengajaknya berbincang mengenai alam dan benda-benda di sekitarnya juga bisa Anda lakukan. Jangan sampai anak menjadi jenuh karena tidak ada aktivitas yang menarik baginya.

  1. Berkreasi dengan Kertas Origami

Momen kebersamaan bunda dan buah hati dapat dioptimalkan untuk membentuk ikatan emosional yang kuat dan menjadikan si kecil nyaman setiap saat. Berkreasi dengan kertas origami bisa menjadi pilihan selanjutnya. Seni melipat kertas dari Jepang ini bisa menghibur si kecil.

Melipat kertas menjadi beragam bentuk yang menarik bisa diterapkan untuk merangsang daya ingat dan kreativitas anak. Anda dapat melatih anak untuk membuat suatu bentuk dari kertas origami yang berwarna-warni. Sebagai contoh, si kecil dapat diajarkan untuk membentuk kapal, tempat gula, kipas, daun, burung, dan sebagainya.

  1. Berkebun

Anda juga harus mengenalkan si kecil dengan lingkungan alam. Berkebun adalah salah satu caranya. Melalui kegiatan berkebun, balita bisa mengenal alam secara nyata mengenai beragam jenis tanaman dan bunga-bunga. Balita juga bisa berlatih menanam tanaman dan merawatnya sampai tumbuh besar.

Kegiatan berkebun akan menimbulkan rasa cinta terhadap tanaman dan lingkungan alam, sehingga si kecil akan menghargai alam dengan menjaga kelestariannya. Sikap positif tersebut bisa dibentuk sejak dini agar sudah tertanam menjadi kebiasaan baik hingga si kecil tumbuh besar.

Hubungan ibu dan anak memang kuat. Anda perlu melakukan kegiatan-kegiatan positif bersama buah hati. Tujuannya agar momen emas si kecil tidaklah terbuang sia-sia. Periode tumbuh kembangnya bisa dioptimalkan, sehingga tumbuhlah buah hati yang cerdas secara intelektual, motorik, dan emosional, sesuai yang tertera dalam info seputar ibu dan balita.