Cara Kerja Aki Basah Itu Simple! Ini Jawabannya!

Others

Cara Kerja Aki Basah Itu Simple! Ini Jawabannya!

Pada dasarnya, cara kerja aki basah itu sebenarnya adalah untuk menyimpan sumber listrik yang berguna untuk menyalakan semua sistem kelistrikan pada sebuah kendaraan. Meskipun begitu, aki ini Cuma dipakai ketika mesin kendaraan masih belum dinyalakan. Itu karena mesin punya altenator yang berfungsi sebagai sumber listrik selain menggunakan aki. Hanya saja, altenator ini nanti akan bekerja ketika mesin dinyalakan saja. maka dari itulah, aki itu berguna sekali ketika mesin kendaraan masih belum menyala. Jadi, seperti apakah cara kerja aki yang sesungguhnya itu? Dan bagaimanakah proses pengisian arus dan proses pengeluarannya?

Dalam praktiknya, berbicara tentang proses untuk pengisian aki dan pengeluaran aki itu terdapat 2 istilah. Yaitu, disebut juga dengan discharge sebagai proses pengeluaran arus listrik yang berasal dari aki tersebut. Sedangkan yang satunya, bernama recharge sebagai proses untuk pengisian arus menuju aki. Lebih lengkapnya akan kami jelaskan di bawah ini:

Discharge

Untuk cara kerja aki basah yang satu ini secara otomatis langsung terjadi saat rangkaian listrik dalam posisi yang tertutup. Yaitu, saat ada rangkaian positif dan juga negatif baterai mulai saling terhubung. Karena proses discharge inilah yang kemudian dapat menguras daya listrik yang ada di dalam baterai. Akibatnya, aki menjadi kosong.

Recharge

Sedangkan untuk proses ini cara kerjanya sama seperti ketika Anda sedang melakukan pengisian daya terhadap ponsel Anda. Jadi, arus listrik nanti akan dialirkan lewat termiant positif dan negatif. Setelah itu, daya baterai mulai terisi kembali. Dengan begitu, aki bisa lagi digunakan. Untuk proses recharge yang satu ini secara otomatis akan aktif ketika mesin sudah dinyalakan. Itu karena proses recharge itu memakai altenator untuk pengisi daya aki. Maka dari itulah, meskipun aki motor dan aki mobil tidak pernah dicharge, tetap saja aki keduanya tidak akan tekor dan tidak akan bermasalah.

Kelebihan Aki Kering Dibandingkan Aki Basah

Seperti yang telah diketahui, bahwa aki itu telah menjadi sebuah komponen yang berguna seali untuk menyuplai sebuah tenaga listrik. Jadi, peran dari aki kendaraan itu tidak bisa dianggap sepele begitu saja. Maka dari itulah, Anda harus pintar dalam memilih sebuah aki kendaraan yang benar dan berkualitas. Sehingga, hal ini bisa membuat kinerja kendaraan Anda bisa lebih maksimal lagi.

Sekarang ini ada 2 macam aki kendaraan yang bisa ditemukan di NS. Yaitu, aki kering dan aki basah. Untuk aki basah itu cara kerja aki basah memakai bantuan dari cairan elektrolit. Atau sebuah air aki agar dapat merendam selnya. Sedangkan, untuk aki kering itu memakai sebuah bahan berbentuk gel. Itulah kenapa aki kering itu sering dianggap sebagai aki yang jauh lebih baik dari aki basah. Di bawah ini adalah 3 kelebihan yang didapat bila Anda menggunakan aki kering, antara lain:

  1. Pada dasarnya, proses untuk pemasangan aki yang kering itu jauh lebih cepat dari aki basah. Itu karena aki kering itu tidka harus diisi air lebih dulu sebelum dipakai. Tidak sama seperti aki basah.
  2. Untuk proses perawatannya juga jauh lebih mudah. Beda sekali dengan aki basah yang harus selalu dicek secara rutin dan harus diisi dengan air aki secara rutin. Ini tidak perlu Anda lakukan bila Anda memakai aki kering. Karena itulah, aki kering itu kerap juga disebut dengan aki maintenance free. Karena memang perawatannya lebih mudah dari aki basah.
  3. Setidaknya, dengan menggunakan aki kering inilah nantinya akan membuat Anda merasa jauh lebih aman. Karena, cairan yang ada di dalam aki basah itu bersifat korosif. Dengan begitu, airnya ini bisa merusak sekali bila sampai tumpah. Sedangkan, untuk komponennya sendiri tak perlu diisi dengan air aki dari awal pemakaian. Sehingga, aki kering itu terbilang anti bocor dan jauh lebih aman untuk kendaraan dari pada aki basah.

Sebaiknya, setelah memahami beberapa hal di atas, maka pantau saja terus NS battery. Sehingga, Anda bisa mendapatkan banyak informasi tentang aki. Dengan begitu, Anda juga bisa tahu produk aki NS manakah yang paling cocok untuk kendaraan Anda. Karena aki NS kini merupakan salah satu perusahaan aki yang telah berpengalaman hingga 40 tahun. Bersama NS, Anda bisa tahu bagaimanakah cara kerja aki basah dan aki ering dengan benar. Apalagi, pihak dari NS sendiri telah meluncurkan 2 produk handalnya, yaitu NS Jaguar dan juga NS Cheetah untuk roda 4 dari tahun 2015. Sedangkan, produk untuk aki roda 2 adalah menggunakan NS Eagle dan juga NS Hawk yang sudah diluncurkan juga dari tahun 2016. Selain itu, NS battery juga telah memberi sebuah garansi selama 18 bulan, cukup untuk mencoba seperti apakah kualitas yang diberikan.