Definisi Pasar Uang dan Modal Serta Fungsinya

Others

Definisi Pasar Uang dan Modal Serta Fungsinya

Pasar modal merupakan pasar yang secara khusus dikelola untuk mengatur aktivitas perdagangan yang berkaitan dengan saham, obligasi, warrant maupun right melalui jasa perantara, underwriter dan komisioner. Berdasarkan Undang-Undang nomor 8 tahun 1995, pasar ini adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan penawaran umum serta perdagangan efek, lembaga maupun profesi serta perusahaan publik yang berkaitan dengan efek. Selanjutnya, paragraf di bawah akan membahas lebih lanjut mengenai jenis pasar ini serta fungsi dari pasar tersebut.

Pasar Modal dan Fungsinya

Sementara itu pasar uang adalah sebuah pasar abstrak yang digunakan untuk mengetahui permintaan dan suplai dana dalam jangka pendek. Adapun pasar modal dan pasar uang berbeda terutama dari tempat terjadinya. Pasar uang tidak memiliki tempat transaksi karena bersifat abstrak, sementara pasar satunya memiliki tempat transaksi dimana masing-masing pihak bertemu untuk melakukan penawaran, pembelian dan penjualan surat-surat berharga. Masing-masing pasar memiliki fungsinya sendiri yang berkaitan dengan perekonomian.

Adapun fungsi pasar modal dapat dilihat dari penjelasan di bawah ini:

  • Sumber dana yang mudah

Pasar ini merupakan salah satu sumber dana yang paling murah dan cepat, terutama bagi dunia usaha. Dengan semakin dinamisnya dunia usaha, maka pembangunan nasional pun akan dapat berjalan dengan cepat. Oleh karena itu pasar ini penting bagi perkembangan perekonomian negara terutama sebagai alternatif sumber pendanaan yang mudah.

  • Sarana penghimpun dana yang efektif

Selain sumber dana, pasar modal juga merupakan sarana yang efektif untuk menghimpun dana dari masyarakat. Hal ini terutama penting ketika kita membutuhkan saluran dana untuk kegiatan yang bersifat produktif.

  • Alternatif investasi

Selain kedua fungsi di atas, pasar ini juga bermanfaat sebagai sumber alternatif investasi bagi pemodal. Dewasa ini, cukup sulit untuk memutuskan kapan dan dimana harus berinvestasi. Pasar ini mampu memfasilitasi para pemodal untuk menginvestasikan surat berharga maupun dana lainnya secara efektif dan produktif.

  • Memperkuat mekanisme pasar finansial

Kekuatan pasar finansial penting untuk menata sistem moneter. Hal ini dikarenakan pasar mampu menjadi salah satu sarana operasi open market saat dibutuhkan. Penting untuk menjaga agar sistem moneter tetap berjalan sebagaimana mestinya agar perekonomian dapat tetap berjalan dengan baik.

  • Mendorong kesempatan kerja

Aktivitas yang berlangsung dalam pasar ini sangat dinamis, sehingga membutuhkan banyak tenaga kerja agar pasar tetap mampu dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Untuk itu, pasar modal juga berfungsi sebagai pendorong kesempatan kerja bagi para pengangguran yang sedang mencari pekerjaan.

  • Meningkatkan produktivitas alokasi modal

Penting untuk menjaga agar alokasi modal tetap mengalir secara efisien dan produktif. Hal ini terutama dilakukan untuk mencegah adanya hambatan pada pasar secara keseluruhan. Pasar disini berfungsi untuk meningkatkan produktivitas alokasi modal agar masing-masing modal dapat berada di tempat yang seharusnya dan tidak mengganggu perekonomian.

Daftar di atas merupakan beberapa fungsi pasar modal secara singkat. Adapun peranan pasar ini sangat penting terutama dalam memfasilitasi interaksi antara penjual dan pembeli dalam menentukan harga saham. Pertemuan secara langsung akan mempermudah transaksi dan menghindari adanya resiko kesalahan saat bertransaksi. Pasar ini juga berfungsi untuk mengurangi biaya terkait pencarian informasi yang diperlukan, karena informasi kemudian menjadi tanggung jawab para pelaku di pasar tersebut. Pada akhirnya, dapat disimpulkan bahwa pasar ini memiliki fungsi penting untuk memfasilitasi keperluan transaksi modal yang terjadi di dalam negara.