beberapa cara kendalikan alergi

Ibu & Anak Kesehatan

Gangguan Alergi dan Gejala-gejala yang Ditimbulkan

Alergi adalah reaksi tubuh ketika ada benda asing tertentu yang masuk ke dalam tubuhnya. Alergi dapat terjadi pada siapa saja baik pria maupun wanita, anak-anak dan orang dewasa. Zat pencetus alergi atau dinamakan sebagai zat allergen dapat berbeda-beda antar orang satu dan lainnya. Zat allergen inilah yang membedakan alergi menjadi beberapa jenis dan menyebabkan bermacam gangguan alergi yang berbeda-beda.

Berikut ini adalah jenis-jenis alergi yang dibedakan dari zat penyebab alergi:

Alergi bahan makanan seperti:

  1. Seafood.
  2. Kacang-kacangan.
  3. Susu sapi.
  4. Coklat.

Alergi cuaca dingin.

Alergi serbuk sari.

Alergi logam.

  1. Besi.
  2. Tembaga.
  3. Raksa.

beberapa cara kendalikan alergi

Sedangkan gangguan atau gejala alergi yang dapat ditimbulkan adalah sebagai berikut:

  • Alergi bahan makanan

Alergi ini dapat menyebabkan berbagai gangguan pada sistem pencernaan seperti mual, muntah, diare, diare berdarah, hingga sembelit. Jika makanan tersebut berada lama dalam tubuh dan tidak segera diobati maka dapat menimbulkan gejala alergi lanjutan seperti kejang, kulit kemerahan, dan bentol-bentol.

  • Alergi cuaca dingin

Alergi dingin menampakkan gejalanya terutama di bagian kulit. Kulit menjadi merah serta sangat gatal. Tak jarang terjadi pembengkakan di sekitar kulit wajah, perut dan anggota gerak.

  • Alergi serbuk sari

Ditandai dengan bersin-bersin dan hidung berair.

  • Alergi logam

Biasanya terjadi jika mengenakan aksesoris atau perhiasan yang mengandung logam tersebut. Kulit menjadi kemerahan dan gatal hingga melepuh.

Jadi beberapa cara kendalikan alergi harus diketauhi dan alergi dapat dihilangkan dengan cara meminum obat alergi atau yang sering disebut sebagai anti histamin. Namun untuk menghindari terjadinya alergi, hal yang harus dilakukan adalah menghindari zat allergen tersebut. Jika makanan berarti Anda tidak boleh memakan walau sedikit bahan makanan yang menjadi zat allergen Anda. Begitu pula untuk pengidap alergi udara dingin, disarankan untuk menghindari bepergian ke wilayah bersuhu rendah. Mengenal zat allergen yang dapat menimbulkan reaksi alergi sangat diperlukan untuk seterusnya dapat menghindari berbagai gejala dan gangguan yang timbul akibat alergi zat tersebut.