Ini Cara Bikin Itinerary Buat yang Mau Liburan Pertama Kali

Wisata

Ini Cara Bikin Itinerary Buat yang Mau Liburan Pertama Kali

Buat beberapa orang yang mau liburan pasti sifatnya terbagi dua. Yang penuh rencana dan yang spontan aja. Yang bujetnya wah, dan yang sudah bisa makan aja sudah alhamdulillah. Yang pakai itinerary dan yang bahkan ngga ngerti apa itu itinerary.

Buat poin yang terakhir, rasanya banyak banget nih yang masih belum tau apa sih itinerary itu. Apa sih sebenarnya esensi dari itinerary itu?

Coba bayangkan sebentar. Semisal kita pergi ke suatu kota yang jadi destinasi kita, terus itu baru pertama kali kita ke sana. Emang sih kamu udah buat riset kecil-kecilan tentang destinasi itu, tapi ternyata hujan. Lalu kamu harus check in hotel tapi kamu nyasar. Lalu hari mulai gelap dan transportasi umum sudah mulai jarang. Lalu baterai smartphone habis. Nah, di situ kamu ngapain? Panik sih paling.

Nah, di situ lah pentingnya itinerary, Demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Jadi ibarat kata, bisa jadi sebuah pegangan saat kita berada di tempat yang asing dan belum pernah kita jejaki sebelumnya. Satu lagi, itinerary ini juga penting buat mereka yang pingin ke banyak tempat tapi punya waktunya terbatas. Cuma dua hari misalnya. Ya tipe traveler yang banyak maunya wajib punya sih.

Kita bisa mulai bikin itinerary dengan rencana yang sederhana. Bisa dimulai dari negara mana sih yang mau kita tuju. Kota apa aja yang mau disinggahi, jam berapa aja mulai segala aktivitas, mau cicip kuliner apa aja dan tempatnya dimana aja, dan lain sebagainya.

Kalau sudah tau maunya apa aja, kita bisa bikin itinerary yang lebih rinci lagi. Sebenarnya, inti dari membuat itinerary ini adalah tahu kalau kita ini tipe traveler yang macam mana. Karena tentunya itu akan memengaruhi semua aktivitas serta bujet yang dipunya.

Sekarang sudah mengerti kan pentingnya itinerary. Lanjut yuk ke daftar apa aja yang harus kamu masukkan secara rinci saat bikin itinerary!

  1. Sudah tahu destinasi

Ini adalah hal yang paling esensial yang harus kamu masukkan. Sudah tahu destinasi di awal, sama aja kaya menentukan akan seperti apa liburan kamu nanti.

Dari awal proses bikin itinerary kamu harus langsung menentukan, negara apa yang mau kamu datangi, kota-kota apa saja yang ingin kamu singgahi. Lalu setelahnya tentukan juga berapa lama kamu akan menjelajahi setiap tempat yang dikunjungi.

  1. Tentukan bujet

Ini selanjutnya, yaitu tentukan budget. Kamu punya bujet lebih ngga buat traveling dengan fasilitas yang agak lebih wah? Atau mungkin kamu lebih suka traveling ala ala backpacker yang lebih mengutamakan pengalaman ketimbang fasilitas yang ditawarkan dalam perjalanan? Nah, harus ditentukan dari awal tuh.

Harus dimasukkan dalam pembuatan itinerary ini sih. Soalnya, menentukan bujet di awal pasti jadi titik penentu kamu untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya pas bikin itinerary.

  1. Tentukan referensi dan preferensi

Saat sedang asik asiknya menyusun itinerary, penting lho buat intip itinerary traveler lain. Cari aja di internet. Banyak kok. Mulai dari travel blogger profesional atau mungkin teman dan keluarga yang baru aja kelar traveling ke destinasi yang akan kamu kunjungi nanti.

Biasanya, referensi dari orang terdekat akan lebih memberikan kepuasan informasi yang kamu inginkan. Karena memang, referensi tersebut akan lebih relevan dan sesuai ekspektasi kamu ketimbang referensi dari pihak komersial atau badan pariwisata destinasi tersebut.

  1. Tiket murah for the win

Ini nih poin penting yang musti diperhatikan pas bikin itinerary. Pas cari tiket pesawat, pasti sih yang dicari adalah harga tiket termurah. Makanya itu kamu harus nih lihat dengan mata jeli dan teliti kalau ada harga tiket promo pesawat di Reservasi.com.

Perlu contoh? Misalnya nih, kamu mau liburan ke Surabaya naik pesawat. Harus cari tiket yang harganya paling murah. Dan misal ada nih tiket ke Jogja murah banget. Kamu bisa membuat itinerary yang mengambil garis lurus dari Jogja menuju Surabaya. Buat deh itinerary membuat biaya transportasi paling murah dan lebih murah dari tiket Jakarta – Surabaya langsung. Sekalian jalan-jalan juga kan.

  1. Pesan dan masukkan info hotel

Ya, namanya juga itinerary, ya isinya tentang rencana perjalanan. Jadi, sebelum berangkat paling ngga kamu sudah reservasi hotel dari jauh hari sebelum tiba di sana. Cara terbaik adalah pesan hotel di titik tengah tempat wisata mana saja yang mau kamu kunjungi. Perhatikan juga harganya. Misalnya, tarif hotel di Bandung bisa lebih murah kalau bukan saat liburan sekolah.

Dengan begini, kamu juga bisa terhindar dari bahaya luntang-lantung di bandara atau stasiun atau pun harus bayar lebih karena pesan hotel di tempat saat itu juga.

  1. Pilih makanan khas dan jadilah warga lokal

Haram rasanya kalau melewatkan wisata kuliner. Soalnya, makanan khas daerah setempat biasanya menggambarkan budaya dan tradisi wilayah itu. Apalagi, makanan tradisional atau makanan khas biasanya memiliki filosofi yang diteruskan dari para leluhur. Jadi, dengan mencicipi dan mempelajari makanan khas setempat, tidak hanya memperkaya pengetahuan akan ragam kuliner suatu daerah, tapi juga, memberikan pelajaran yang rasanya sulit didapatkan di tempat lain.

Wisata kuliner harus masuk dalam itinerary ya!

  1. Sudah lengkah semua? Saatnya bikin jadwal

Destinasi yang dimau, sudah ketemu. Hitung bujet, done. Tiket murah dan bookingan hotel juga sudah di tangan. Hampir beres nih! Tinggal lengkapi dengan menyusun semua aktivitas ke dalam jadwal.

Di hari pertama, coba susun jadwal mau ke destinasi mana dulu. Tetapkan juga jam-jamnya. Bikin jadwal yang paling efisien supaya perjalanan makan waktu yang lebih sedikit. Gak kalah penting, sesuaikan juga sama energi dan kemampuan tubuh supaya selalu fit.

Di hari terakhir, aktivitas yang diselipkan di hari itu jangan terlalu padat. Susun kegiatan yang lebih santai, jadi bisa siapin tubuh buat perjalanan pulang. Apalagi kalau penerbangan yang dilakukan bakal makan waktu sampai lebih dari 12 jam.

Ini juga supaya kamu tidak terlalu terburu-buru. Karena saat terlalu diburu waktu, kemungkinan barang yang tertinggal akan lebih besar. Pikiran pun bakal lebih stres dan tertekan. Jadi, buat jadwal hari terakhir sesantai mungkin, ya.

Nah, gimana? Gampang kan bikin itinerary. Intinya, tahu apa yang kamu mau, apa yang kamu butuh, dan apa yang kamu mampu. Ohiya, kalau cari harga tiket promo pesawat di Reservasi.com aja di situ selain beli tiket pesawat juga bisa cek tarif hotel di Bandung lhoo.

Semoga membantu!