Others

Jenis Alat Berat Crane Dan Kegunaannya

Dalam dunia industri alat berat terutama yang pekerjaannya berhubungan dengan alat berat pasti sudah tidak asing lagi dengan alat berat jenis ini yaitu crane. Atau buat yang pekerjaannya tidak berhubungan dengan alat berat, namun sering menghadari pameran atau event dunia konstuksi, Anda pasti akan menemukan perusahaan yang jual crane. Untuk mengetahui lebih jauh apa kegunaan crane itu sendiri, berikut ini akan saya jelaskan sedikit tentang kegunaan crane berikut jenisnya.

Jenis – Jenis Crane

Crawler Crane

Crawler crane sesuai dengan namanya alat berat crane ini menggunakan jenis ban crawler. Crawler crane biasanya digunakan pada pekerjaan konstruksi atau proyek yang berfungsi sebagai pengangkut bahan material dengan jarak pengangkutan yang tidak terlalu jauh. Jenis crane ini pada bagian atasnya atau bagian superstructure nya dapat bergerak berputar 360 derajat. Pengankutan atau pemindahan crawler crane dari tempat proyek ketempat lainnya menggunakan lowbed trailer, dengan membongkar setiap bagian boom crane menjadi beberapa bagian untuk memudahkan pengangkutan dan pemidahan.

 Crawler Crane

Truk Crane

Truk crane atau mobile crane adalah alat berat yang dapat dibawa- bawa dengan mudah kemana saja tanpa perlu menggunakan alat angkut khusus untuk mengangkut crane, karena bagian operator cab crane menyatu dengan badan truck pada bagian belakangnya. Operator cab pada truk crane ini juga dapat berputar atau bergerak 360 derajat. Untuk menyemibangi kondisi truk pada lapangan atau medan tanah yang kurang seimbang, truk crane dilengkapi dengan kaki pondasi outrigger pada bagian depan dan belakang truk seingga keseimbangan truk dapat terjaga.

 Truk Crane

Tower Crane

Jenis alat berat crane ini mungkin sering Anda liat dan Anda jumpai pada pembangunan konstruksi gedung bertingkat tinggi. Tower crane dapat mengangkat material atau barang dengan arah vertikal dan horizontal. Penggunaan tower crane sendiri biasanya digunakan pada lapangan yang terbatas dan tidak dapat dijangkau oleh alat lain seperti pengangkutan material pada ketinggian tertentu. Terdapat beberapa tipe tower crane berdasarkan tempat berdirinya yaitu:

  • Free standing crane
  • Rail mounted crane
  • Tied-in tower crane, dan
  • Climbing crane

 Tower Crane

Hidrolik Crane

Dipasaran industri alat berat Anda akan menemukan di jual crane dengan jenis hidraulik crane. Hidraulik crane memiliki bentuk yang cukup sederhana, penggunaan jenis hidraulik crane satu ini biasanya digunakan pada pekerjaan pergudangan atau perbengkelan, dll. Jenis crane ini merupakan jenis crane yang tidak dapat dipindahkan dan ditempatkan pada satu titik tertentu saja, perputaran gerakannya pun hanya 180 derajat dan jangkauannya tidak terlalu panjang.

 Hidrolik Crane

Hoist Crane

Jenis crane berikutnya adalah hoist crane yang penempatannya atau dipasang pada langit – langit dan berjalan dengan menggunakan rel khusus yang dapat bergerak maju mundur secara satu arah. Hoist crane biasanya dipergunakan pada gudang atau ruang produksi pengerjaan barang yang membutuhkan pengankatan barang secara cepat dan terarah.

 Hoist Crane

Jib Crane

Jib Crane

Jenis yang terakhir yang bisa Anda temukan dipasaran alat berat yang jual crane adalah jenis jib crane. Jib crane memiliki sitem kerja yang mirip dengan hoist crane dan susunan bangunan yang serupa dengan hidraulik crane. Sama seperti hoist dan hidraulik crane, jib crane juga dipergunakan pada kegiatan pergudangan serta perbengkelan yang membutuhkan perpindahan barang yang tidak terlalu jauh.