Sama-Sama LCGC, Pilih Toyota Agya atau Datsun Go Panca?

Lifestyle

Sama-Sama LCGC, Pilih Toyota Agya atau Datsun Go Panca?

LCGC atau Low Cost Green Car di Indonesia memiliki peminat yang tinggi karena terkesan mewah dan irit. Golongan ini acapkali disematkan pada Toyota Agya 2018 dan Datsun GO Panca. Keduanya terlibat dalam persaingan kuantitas dan kualitas dari tahun ke tahun. Kalau Anda dihadapkan pada dua mobil tersebut, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal ini dulu.

Kemampuan Mesin Toyota Agya

Sebagai salah satu mobil keluarga sekaligus LCGC, kapasitas mesinnya cukup mumpuni. Dengan bekal mesin 12 valve, 3 silinder, serta berkapasitas 989cc, daya energi yang dihasilkan mencapai 67 ps/6000 rpm. Bahan bakar mobil ini menggunakan EFI. Jadi, torsinya mencapai 9.1 terhadap putaran 4,400 rpm.

Tampilan Luar Toyota Agya

Berhubung mobil keluaran Toyota ini selalu berinovasi, maka yang versi 2018 tampak jauh lebih modern daripada versi sebelumnya. Kesan mewahnya timbul akibat adanya smoked projector headlamp dengan LED light guide plus trapesium 6 sisinya. Pada bagian grille depan dibikin lebih lebar. Jadi, kesan sporty-nya terasa banget.

Tampilan Dalam Toyota Agya

Dengan kapasitas kursi 4-5 orang, tentu ruangan jadi terasa longgar. Tempat duduknya dibikin lewat teknologi semi bucket seat atau kain lembut. Jadi lebih ergonomis, kan? Untuk melenyapkan rasa bosan di perjalanan, mobil ini menawarkan fitur audio berupa radio AM/FM, USB, Bluetooth, CD, dan Audio 2DIN. Hasilnya, suara yang keluar lebih mantap.

Kemampuan Mesin Datsun Go Panca

Dari segi mesin, mobil ini lebih unggul daripada si Agya. Berbekal mesin 1.2L HDR12DE plus berkapasitas 1198cc, tenaga pacunya lebih kuat. Pada putaran 5000 rpm, mobil ini mampu mencapai 68 hp. Sedangkan torsi yang dihasilkan bisa mencapai 104 Nm terhadap putaran 4000 rpm. Walaupun lebih cepat, sama iritnya dengan mobil keluaran Toyota tadi.

Tampilan Luar Datsun Go Panca

Kalau si Agya tampak sporty, maka mobil ini tampak kukuh dan gagah. Hal itu dikarenakan adanya desain heksagonal pada headlamp. Ketika dinyalakan pada malam hari, akan terkesan stylish meskipun berada di tempat gelap. Untuk menciptakan kesan futuristik, ada lampu roof spoiler dan stoplamp yang mengikuti alur body mobil di bagian belakang.

Tampilan Dalam Datsun Go Panca

Kalau dari luar tampak gagah, maka dalamnya tampak minimalis. Kesan minimalis itu terdapat pada dasbor, pegangan, serta cluster AC yang bisa diputar semaunya oleh penumpang. Alhasil, kabin yang diciptakan jadi lebih luas daripada si Agya. Kursinya juga lembut karena memakai tekstur dari kulit. Kapasitas penumpangnya mencapai 7-8 orang.

Kalau dilihat dari perbandingan harga, antara Toyota Agya dan Datsun GO Panca tidak jauh berbeda. Hanya saja lebih mahal yang Toyota dengan nilai 133 juta Rupiah, sedangkan Datsun 114 juta Rupiah. Keduanya sama-sama memiliki 5 percepatan manual. Setelah meninjau beberapa perbedaan LCGC tersebut, manakah yang akan Anda pilih?