Tips Cerdas Memilih KTA Bunga Rendah

Others

Tips Cerdas Memilih KTA Bunga Rendah

Sebelum memutuskan mengambil pinjaman yang mana, sebagai nasabah Anda harus jeli karena kalau tidak bisa-bisa Anda mengalami kerugian yang bahkan mungkin tidak Anda duga sebelumnya. Bank menawarkan aneka jenis kredit yang bisa dipilih sesuai dengan keperluan nasabah. Salah satunya adalah Kredit Tanpa Agunan. Kredit ini merupakan pinjaman yang bisa dinikmati oleh nasabah tanpa mereka harus memiliki sertifikat kepemilikan tertentu untuk diagunkan.

Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa kredit tanpa agunan mematok suku bunga yang cukup besar untuk angsuran per bulannya. Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan KTA dengan bunga yang rendah. Berikut ini tips yang bisa Anda coba untuk mendapatkannya.

Tentukan Besarnya Pinjaman

Pinjaman tanpa jaminan biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak dan tidak begitu besar. Jadi, Anda harus bijak dalam menentukan besarnya uang yang akan Anda pinjam. Jumlah pinjaman yang Anda ajukan akan mempengaruhi besaran suku bunga yang harus Anda bayar setiap bulannya. Semakin besar jumlah pinjaman Anda maka akan semakin besar suku bunga yang harus Anda bayarkan. Hal ini disebabkan karena bank membebankan jaminan pinjaman Anda dari suku bunga yang Anda bayarkan per bulannya.

Cari Informasi Sebanyak-banyaknya Mengenai Bank Terdekat di Tempat Anda

Jika tempat Anda berada di pusat kota, tentu tahap yang satu ini tidak akan sulit bagi Anda. Datangi saja semua bank tersebut dan tanyakan kepada petugas customer service. Cari tahu apa saja syarat-syarat dan kebijakan serta proses pengajuan KTA. Karena setiap bank meminta syarat pengajuan KTA serta batasan maksimal kredit yang berbeda-beda, serta batasan gaji minimal yang bervariasi maka langkah ini cukup berguna untuk Anda dalam memutuskan bank mana yang mendukung kondisi finansial Anda saat ini.

Pahami Mengenai Kebijakan Penalti

Pada umumnya, penalti akan diberikan jika nasabah melunasi kreditnya lebih awal dari waktu perjanjian. Misalnya Anda meminjam uang sebesar 10 juta rupiah dengan waktu pelunasan 3 tahun. Di tahun pertama, ternyata Anda sudah memiliki uang yang cukup untuk melunasi cicilan tersebut hingga tahun ketiga. Biasanya orang akan melunasinya untuk meringankan beban finansial mereka. Tentu saja ini melenceng dari perjanjian 3 tahun tersebut. Akibatnya, Anda akan diharuskan membayar dengan jumlah uang yang lebih besar daripada jumlah total dari perjanjian. Kenali kebijakan penalti dari masing-masing bank.

Pilih Jangka Waktu yang Paling Singkat

Semakin singkat waktu yang Anda ambil untuk melunasi pinjaman, maka semakin rendah bunga yang harus Anda bayarkan. Ini yang penting. Jangan tergiur dengan persentase bunga yang lebih rendah dari tenor yang lebih panjang karena jika dijumlahkan semuanya, tentu saja tenor pendek yang mematok bunga lebih besar memiliki nilai total pembayaran yang lebih rendah. Dan ingat, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa hal ini juga tergantung dari besarnya jumlah pinjaman yang Anda ajukan. Jadi, perhatikan baik-baik.

Pinjaman Tanpa Jaminan dengan Bunga rendah

Bandingkan Bunga

Bunga yang dibebankan oleh bank berbeda-beda. Beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah besarnya jumlah pinjaman yang kita ajukan, lama waktu pelunasan, dan besarnya cicilan per bulan yang kita pilih. Selain bunga, perlu juga memperhatikan biaya-biaya lainnya karena bisa jadi bank yang satu menawarkan bunga rendah namun biaya administrasi maupun provisi yang dimintanya lebih tinggi. sebaliknya, ada bank yang mematok biaya administrasi dan provisi yang rendah namun bunganya tinggi.

Oleh sebab itu, Anda harus jeli dalam menghitungnya. Memang hal ini memerlukan waktu yang sedikit lama tapi tidak masalah karena bisa memberikan pengaruh pada kondisi finansial Anda hingga ke depannya. Untuk memudahkan Anda, saat ini ada beberapa situs online yang menyediakan kalkulator untuk menghitung simulasi KTA yang Anda ambil.

Dengan melakukan tips di atas, maka Anda pun bisa memutuskan kredit mana yang akan memberikan keuntungan finansial bagi Anda, terutama melalui suku bunga yang ditawarkan. Bagi Anda yang berdomisili di wilayah Jabodetabek, untuk mendapatkan KTA bunga rendah bisa datang langsung ke kantor PT. Bank DBS terdekat. KTA ini menawarkan jumlah pinjaman maksimal hingga 200 juta dengan bunga yang cukup ringan.