Tips Menyewa Jasa Pindahan Jarak Jauh

Property

Tips Menyewa Jasa Pindahan Jarak Jauh

Ketika pindah, seringkali Anda akan membutuhkan jasa pindahan. Namun, jasa pindahan tidak hanya terbatas pada lingkup yang sempit saja. Ada juga jasa yang menyediakan layanan untuk pindahan jarak jauh.

Apa yang disebut pindahan jarak jauh?

Pertama-tama, Anda harus mengetahui mengenai pindahan jarak jauh. Seseorang disebut berpindah jarak jauh bila jarak pindahannya lebih dari 100 mil. Biasanya, seseorang mencapai jarak ini ketika berpindah ke negara lain. Pindahan jarak jauh ini juga bisa terjadi di negara yang sama. Namun, jarak kota tujuannya berarti sangat jauh dengan kota asalnya

Perkiraan biaya pindahan jarak jauh

Kebanyakan penyedia jasa pindahan jarak jauh akan menghitung biaya berdasarkan berat barang. Berbeda dengan jasa pindahan pada umumnya yang menghitung berdasarkan volume atau waktu perjalanan. Oleh karena itu, Anda harus menyingkirkan barang-barang yang tidak penting. Utamakanlah membawa barang-barang yang memang berguna.

Terdapat juga penyedia jasa yang menghitung biaya berdasarkan waktu ke tempat tujuan. Mereka biasanya akan meminta biaya tambahan untuk mengganti biaya transportasi. Jadi, Anda harus memastikan ke penyedia jasa mengenai estimasi ini. Tanyakan berapa lama waktu pemindahan serta besar biaya yang dikenakan. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari pemborosan biaya.

Cara memilih jasa pindahan jarak jauh yang terbaik

Ada hal-hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan jasa pindahan jarak jauh terbaik. Pertama-tama, Anda harus menentukan jenis pindahan yang Anda lakukan. Jenis tersebut bisa berupa pindahan dalam negeri maupun pindahan antar negeri. Kedua jenis pindahan ini memiliki aturan yang berbeda. Jika Anda berpindah ke luar negeri, Anda harus memahami aturannya. Tiap negara memiliki aturan yang berbeda-beda. Jika Anda ingin berpindah ke Amerika Serikat, terdapat lembaga bernama Federal Motor Carrier Safety Administration (FMCSA). Pada website resmi FMSCA, terdapat aturan-aturan pindah yang dapat Anda pelajari secara rinci. Selain itu, Anda juga bisa mencari layanan jasa pindahan pada website tersebut.

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika berpindah ke luar negeri. Pertama, jangan menyerahkan barang-barang berharga pada penyedia jasa. Perhiasan, ijazah, serta sertifikat harus Anda bawa sendiri. Selain itu, jangan menandatangani perjanjian jika ada butir yang belum Anda pahami. Anda harus melakukan klarifikasi jika ada hal yang masih membingungkan. Misalnya seperti adanya biaya tambahan yang muncul pada situasi tertentu. Selain itu, pastikan juga jasa yang Anda gunakan dilindungi oleh asuransi. Hal ini akan meminimalisir resiko kerugian jika terjadi apa-apa.

Jika berpindah di lingkup dalam negeri, pelajarilah aturan berpindah di negara Anda. Pastikan jasa pindahan yang Anda gunakan memenuhi persyaratan yang diminta. Jika sudah mengetahui persyaratan yang belaku di negara Anda, Anda juga dapat mengetahui jasa pindahan yang sesuai standar.

Jasa pindahan perantara

Beberapa penyedia jasa pindahan jarak jauh akan menyiapkan perantara pada proses pindahan. Perantara tersebut berasal dari penyedia jasa yang lingkupnya lebih kecil. Jika menggunakan perantara, barang-barang Anda dapat dibawa dengan truk yang berbeda. Misalnya saja ketika akan dikirim, barang-barang Anda dibawa oleh truk A. Namun, di tengah perjalanan, barang-barang tersebut dipindahkan ke truk B. Nantinya truk B yang akan mengantarkan barang-barang Anda ke tempat tujuan. Jadi, sebelum menyetujui, tanyakan dahulu ke perusahaan apakan mereka menggunakan jasa perantara. Jika ya, cari tahulah perusahaan yang menjadi perantara tersebut. Biasanya, mereka sudah disewa untuk mengantarkan barang dalam lingkup daerah tertentu.